Pola Diet Sehat Untuk Penderita Thalasemia

Pola Diet Sehat Untuk Penderita Thalasemia,- Pada pasien yang mengalami penyakit thalasemia kebanyakan kasus tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan kaya sumber zat besi. Sedangkan sumber  makanan kaya zat besi termasuk produk susu, kacang almond, kacang hazel, biji wijen, ikan sarden, salmon, aprikot, buah ara, jeruk, kismis, kacang kedelai, roti putih, nasi putih, kado kubis, kembang kol, bit, wortel, seledri, alfalfa Kecambah, lobak, mentimun, bawang putih, selada, tomat, cabe hijau, kentang, apel, cranberry, delima, stroberi, nanas, lemon, dan acai berry.

Anjuran Pola Diet Sehat Untuk Penderita Thalasemia

Pola Diet Sehat Untuk Penderita Thalasemia

Obat rumah terbaik untuk menyembuhkan talasemia adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, ini membantu mencegah dan mengobati kelemahan dan kelelahan, gejala utama thalassemia. Semua jenis makanan tidak sepenuhnya memberikan pengaruh buruk terhadap pasien dengan thalasemia karena dapat memberikan peningkatan dalam penyerapan zat besi. Sehingga, berikut beberapa makanan yang dapat menurunkan jumlah produksi dari zat besi termasuk di antaranya ;

√ Sereal atau tepung gandum termasuk salah satu jenis makanan yang mampu membantu menurunkan zat besi yang diserap ke dalam tubuh kita serta mampu melawan efek vitamin C. Di mana sumber makanan kaya vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Sumber protein kedelai, teh, kopi, rempah² juga mampu bertindak dalam menurunkan jumlah zat besi dan termasuk bagian dari sumber kaya antioksidan. Sereal juga mengandung zat yang disebut phytic acid yang dapat menghambat penyerapan zinc dari makanan.

Antioksidan sangat penting dalam berbagai jenis diet apapun. Di mana ia memiliki peran utama penting dalam mencegah dari kerusakan oksidatif dalam tubuh, dengan begitu ia mampu melawan dari resiko penyakit jantung koroner dan kanker. Pada Thalassemia, karena kelebihan zat besi dalam tubuh sehingga sangat tinggi risiko terhadap kerusakan oksidatif yang lebih tinggi

(* Baca Juga : Ketahui, Dampak Komplikasi Jangka Panjang Thalasemia

√ Produk susu dari keju, yoghurt, susu biasa mereka juga efektif dalam menurunkan zat besi yang diserap ke dalam tubuh kita. Di mana kalsium sangat penting bagi tubuh untuk mencegah osteoporosis. Varietas susu rendah lemak mungkin banyak dipilih oleh mereka yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan. Malahan sumber nutrisi yang banyak diperlukan oleh pasien adalah kalsium. Hal ini karena, tulang cenderung menjadi lemah dan rapuh. Oleh karena itu, makanan sumber kalsium sering dianjurkan bagi penderita thalasemia. Di mana ia mampu memperkuat sistem kerangka tubuh.

√ Selain itu, sumber makanan vitamin D juga efektif sebagai dalam diet penderita thalasemia. Di mana perannya mampu membantu penyerapan dan asimilasi kalsium dalam tubuh. Beberapa makanan vitamin D dapat ditemukan pada minyak ikan dan susu kedelai.

√ Asupan makanan kaya asam folat sangat efektif dalam membantu meringankan tanda² atau gejala dari thalasemia. Makanan sumber asam folat dapat ditemukan pada lentil, kuning telur, kacang kering, ubi jalar, roti gandum, produk kedelai, kacang polong split, jenis kacang-kacangan lainnya, brussel sprouts, pisang dan buah persik.

Transfusi darah secara tertatur dapat menyebabkan kelebihan zat besi dalam tubuh. Di mana sebuah besi yang ekstra dari transfusi kronis disimpan di hati. Ketika mereka sudah penuh, besi mulai terakumulasi pada bagian tempat lainnya seperti jantung dan hipofisis di mana ia bisa melakukan kerusakan. Sehingga untuk mencegah risiko perkembangan, hal ini harus didukung dengan diet rendah zat besi.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pola Diet Sehat Untuk Penderita Thalasemia. Semoga informasinya bermanfaat dan salam sehat..

By Obat Thalasemia Terbaru Ampuh

Pola Diet Sehat Untuk Penderita Thalasemia

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s